Saturday, December 19, 2015

Contoh Makalah Tentang Perangkat Keras Untuk Mengakses Internet dan Modem



Makalah Tentang Perangkat Keras Untuk Mengakses Internet dan Modem





Nama Kelompok:
Kelas : XI IPA-1







SMA NEGERI KESAMBEN
TAHUN PELAJARAN 2015/2016


KATA PENGANTAR

Assalamualaikum Wr.Wb.

Segala puji dan puja kepada Allah SWT.yang telah menciptakan kita dengan bentuk yang sebaik-baiknya dan memberi banyak nikmat kepada kita semua, sehingga kita dapat menyelesaikan tugas makalah yang diamanahkan oleh Ibu Guru mata pelajaran TIK,yang berjudul “PERANGKAT KERAS UNTUK MENGAKSES INTERNET DAN MODEM”.
Salam beriringan shalawat kepada keharibaan junjungan kita nabi Muhammad Saw,yang telah membawa kita semua dari alam kegelapan lagi penuh kebodohan menuju alam keislaman yang terang benderang seperti saat sekarang ini.
Tak lupa kita  menyampaikan ucapan terima kasih kepada kedua orang tua yang telah banyak membantu dan mendukung saat penyusunan makalah ini.Juga kepada Guru mata pelajaran yang telah membimbing tiada kalanya dan tanpa bosannya sehingga makalah ini dapat terselesaikan.Dan juga kepada teman-teman yang telah banyak memberikan support kepada kami sehingga apapun itu mudah terselesaikan.
Kami berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Kami pun menyadari dalam pembuatan makalah ini masih banyak kekurangan maupun kesalahan, seperti kata pepatah “ tak ada gading yang tak retak “ karena kami hanya manusia biasa yang masih perlu banyak belajar. Oleh karena itu, kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun untuk penyusunan makalah di masa depan yang lebih baik lagi.


Wassalamualaikum Wr.Wb.



Kesamben, 21 September 2015


Penyusun



DAFTAR ISI


DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
Tujuan Penyusunan
BAB II PEMBAHASAN
2.1 Pengenalan Modem (sejarah Modem)
2.2 Pengertian Modem
2.3 Cara Kerja
2.4 Fungsi Modem
2.5 Isi Kabel Modem
2.6 Kecepatan Modem
2.7 Jenis Modem

BAB III KESIMPULAN
DAFTAR PUSTAKA



  2
3
3
4
4
4
5
6
7
8
9
13
14































BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Apa pengertian dari Internet,Pengertiannya adalah jaringan global komputer di dunia,dapat diartikan juga sebagai Jaringan Komputer yang luas dan besar yang mendunia,yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia,dimana di dalamnya terdapat berbagai macam sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif.Internet berasal dari kata Interconnection Networking,yang artinya koneksi atau hubungan antara berbagai macam komputer dengan berbagai macam type dan jenisnya.

Saat ini sudah jamannya internet, jadi rasanya tidak asing lagi dengan kata internet dan kroni-kroninya. Nah kali ini saya ingin berbagi pengetahuan tentang internet itu sendiri dalam hal cara mengaksesnya dan berbagai pengetahuan tentang internet.Karena itulah saya sengaja membuat makalah ini,selain karena tugas juga karena ingin membagi pengetahuan.


1.2 Rumusan Masalah

Adapun masalah-masalah yang akan dibahas pada makalah ini antara lain:
Perangkat yang dapat digunakan untuk mengakses internet.
Tata cara akses internet.
Pencarian informasi dengan Web Browser.
Penggunaan E-mail.
Masalah-masalah yang ditimbulkan oleh Internet.

1.3 Tujuan





























BAB II
PEMBAHASAN

2.1  Perangkat Keras Untuk Mengakses Internet
1.      Komputer
Adalah suatu perangkay yang sangat dibutuhkan untuk mengakses internet. Dalam hal ini,
fungsi dari komputer sendiri adalah sebagai saran dalam proses akses internet sehingga apabila computer memiliki spesifikasi yang baik dan bagus, maka daya akses internet juga lebih cepat. Dibantu dengan koneksi ISP yang sangat menentukan cepat atau lambatnya proses kinerja computer dalam mengakses internet.
Perangak keras yang dibutuhkan dalam akses internet antara lain sebagai berikut:
a.       CPU (Central Processing Unit)
adalah pusat pengendali dan pemerosesan pada sebuah komputer yang mengatur semua instruksi program dan semua aktivitas yang dilakukan dalam komputer, sehingga CPU biasa disebut sebagai otak dari komputer.







b.      Motherboard (Mainboard)
adalah papan sirkuit utama yang berguna sebagai tempat macam-macam komponen elektronik yang saling terhubung yang memiliki chip bios, port, slot dan jalur konektor sebagai penghubung dari masing-masing perangkat.







c.       Monitor
adalah sebuah perangkat keluaran yang digunakan untuk mengeluarkan hasil pemerosesan yang dilakukan oleh komputer berupa informasi yang dibutuhkan oleh orang yang memakai komputer.









d.      Keyboard
adalah sebuah perangkat masukan yang digunakan untuk memasukan data berupa huruf, angka maupun symbol tertentu serta melakukan perintah-perintah untuk menyimpan file dan membuka file. Keyboard disebut juga sebagai papan ketik pada komputer.






e.       5. Mouse
adalah sebuah perangkat masukan yang berguna sebagai penunjuk posisi kursor/pointer pada layar monitor.





f.       RAM (Random Access Memory)
adalah Tempat dimana kita menemukan instruksi-instruksi yang hendak dikerjakan dan sebagai media penyimpanan sementara.







g.      Harddisk
adalah Perangkat keras yang terbuat dari bahan kaku yang berlapisi piringan magnetik oksida yang mempunyai kapasitas penyimpanan yang sangat besar.






h.      Processor
adalah perangkat keras yang berguna untuk melakukan pembacaan, pengertian dan melaksanakan perintah dari pelaksanaan program.






i.        LAN Card (Local Area Network)
adalah jembatan penghubung antara komputer server dan komputer client dalam jaringan LAN.






j.         AGP Card (Accelerated Graphics Port)
adalah perangkat keras yang berfungsi untuk memaksimalkan layar resolusi gambar pada komputer.



k.      VGA Card (Video Graphics Accelerator)
 Adalah perangkat keras yang berfungsi untuk merubah sinyal digital menjadi sinyal gambar.
 




l.        FDD (Floppy Disk Drive)
adalah perangkat keras yang digunakan untuk memutar piringan dan menggerakan head baca tulis yang selanjutnya diterjemahkan ke dalam disket.






m.    16. CD ROM / DVD ROM
 adalah perangkat yang berfungsi untuk membaca data atau program dari media penyimpanan data CD atau DVD.




n.       Flashdisk
adalah perangkat yang digunakan untuk menyimpan data dengan ukuran kapasitas ternetntu. Ada yang 2GB, 4GB, 8GB, 16GB, sampai 32GB kapasitas penyimpanan.


 







o.      Speaker
adalah perangkat keras keluaran(Output) yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemerosesan berupa suara dari komputer.
 





p.      CD (Compact Disk)
adalah perangkat yang digunakan sebagai media penyimpanan dan pembacaan data menggunakan sistem optik yang terbuat dari bahan plastik.





q.      Touchpad
adalah sebuah alat penunjuk yang menampilkan sensor pada permukaan khusus yang dapat menterjemahkan gerakan dan jari-jari pengguna(user) ke posisi yang di inginkan pada layar monitor. Touchpad ini hanya dapat ditemukan pada laptop dan notebook dan cara kerjanya hampir sama dengan mouse.
r.         







s.       31. Network Card
adalah perangkat keras yang digunakan sebagai jembatan penghubung antara komputer server dengan komputer client.





t.        39. Router
 adalah perangkat keras jaringan yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa jaringan yang memiliki akses jaringan sama ataupun berbeda.

u.      40. Hub/Switch
Adalah Perangkat keras komputer yang memiliki banyak port yang bertujuan untuk menghubungkan beberapa node(komputer) sehingga membentuk suatu jaringan topologi.


 











2.2  Modem
1.      Pengenalan Modem (sejarah Modem)
Cable TV berasal dari Pennsylvania, USA, sekitar akhir 1940-an. Seorang pemilik toko perabotan di sebuah kota kecil di lembah pegunungan tidak puas akan kualitas sinyal televisi yang diterimanya, hal ini disebabkan karena sinyal sulit masuk ke lembah. Beliau memasang antena besar di puncak gunung, kemudian menarik kabel twin lead antenna ke tokonya. Dan siaran televisi dapat dinikmati oleh kota tersebut, penjualan televisi meningkat pesat. Beliau memperbaiki kualitas tangkapan sinyal dengan menggunakan kabel coaxial dan beberapa amplifier (boosters).
Ide ini kemudian dengan cepat tersebar luas, dan digunakan hampir di seluruh pelosok Amerika, dan kini hampir di seluruh dunia.
Sejak 1970-an sudah dimulai pengembangan teknologi digital melalui jaringan kabel. Kini sebagian besar jaringan televisi kabel di benua Amerika Utara sudah menggunakan kombinasi kabel coaxial dan fibre optic yang umumnya disebut HFC (Hybrid Fibre-Coaxial). HFC memungkinkan kapasitas channel yang lebih banyak dan transmisi dua arah. Kemampuan inilah yang selanjutnya dikembangkan untuk penggunaan Kabel modem.

2.     Pengertian Modem
Istilah Modem merupakan singkatan dari dua kata yaitu Modulator dan Demodulato.
pengertian Modulator adalah suatu rangkaian yang berfungsi melakukan proses modulasi, yaitu proses “menumpangkan” data pada frekuensi gelombang pembawa (carrier signal) ke sinyal informasi/pesan agar bisa dikirim ke penerima melalui media tertentu ( seperti media kabel atau udara), biasanya berupa gelombang sinus. Dalam hal ini sinyal pesan disebut juga sinyal pemodulasi. Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital dirubah menjadi sinyal Analog
Demodulator mempunyai fungsi kebalikan dari modulator (demodulasi), yaitu proses mendapatkan kembali data atau proses membaca data dari sinyal yang diterima dari pengirim. Dalam demodulasi, sinyal pesan dipisahkan dari sinyal pembawa frekuensi tinggi. Data yang berupa sinyal Analog diberubah kembali menjadi sinyal digital agar bisa terbaca di komputer penerima.
Dan Modem merupakan penggabungan dari kedua sistem tersebut diatas, sehingga modem merupakan alat komunikasi dua arah.

3.      Cara Kerja Modem
Kebanyakan modem yang digunakan di PC atau laptop dewasa ini adalah dengan menggunakan teknik asynchronous. Asynchronous ini maksudnya bahwa ketika modem ini mengirimkan data tanpa menggunakan clock untuk menyinkronisasikan kegiatan dari kedua sistem yang terhubung. Data dikirim dalam 1 byte yang berada dalam sebuah frame pada satu waktu. Frame tersebut berisikan sebuah start bit, data, dan biasanya satu atau lebih stop bit. Start dan stop bit inilah yang memberitahukan kapan dan dimana data tersebut. Karena fungsi inilah, si penerima akan tahu mana yang data dan mana yang noise, sehingga dapat diketahui mana yang dapat diterima atau tidak.
Modem ini juga bisa menggunakan parity sebagai error detection. Ada dua parity yang digunakan, odd dan even. Jenis modem yang menggunakan parity ini sudah jarang digunakan pada masa sekarang ini.
Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio. Setibanya di modem tujuan, sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada komputer. Walaupun demikian, kabel modem sebetulnya cara bekerjanya lebih menyerupai Network Interface yang digunakan untuk Local Area Network (LAN).
Modem walaupun hanya memiliki kecepatan sekitar 50 Kilobit per detik, bisa dikatakan tidak dipengaruhi oleh jarak. Lain halnya dengan Ethernet yang memiliki kecepatan 10 atau 100 Megabit per detik tetapi hanya bisa dalam jarak maksimum kurang lebih 1 km. Cable modem berada di tengah-tengah. Kecepatannya berkisar antara 3 hingga 56 Megabit per detik, dan bisa bekerja dalam jarak 100 km atau bahkan lebih.

4.      Fungsi modem
yaitu untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal suara dan juga sebaliknya.
Dewasa ini modem telah berkembang dengan berbagai fasilitas yang cukup bermanfaat, misalnya voice modem. Dengan adanya fasilitas voice modem ini, merubah fungsi modem bukan hanya sebagai penyambung ke internet tetapi lebih dari itu, modem dapat menjadi saluran radio, audio, percakapan telepon sampai streaming video. Malah saat ini sudah banyak modem yang mempunyai fasilitas yang dapat menjadi sebagai mesin penjawab telepon dan perekam suara.
Selain itu modem mempunyai kemampuan menjadi fax modem. Fax modem ini bekerja seperti faksimil, dengan sebuah software yang dirancang khusus, dapat mengubah modem menjadi sebuah mesin faksimil, dimana modem merubah dokumen digital menjadi sinyal analog dan dibangkitkan kembali menjadi file gambar jika yang menerima kembali adalah fax modem atau menjadi dokumen tercetak jika yang menerima adalah mesin faksimil.

5.      Kecepatan modem
Kecepatan Modem Kecepatan data downstream (yang masuk) rata-rata berkisar antara 4-56 Megabit per detik. Sedangkan kecepatan upstream (yang keluar) berkisar antara 256 Kilobit hingga 3 Megabit per detik. Catatan: satu byte sama dengan delapan bit.
Berikut ini perbandingan kecepatan download sebuah file berukuran 10 Megabyte dalam kondisi internet ideal:
KECEPATAN/JENIS MODEM
WAKTU TRANSFER
14400 bps telephone modem
1,5 jam
28800 bps telephone modem
46 menit
56000 bps telephone modem
24 menit
128000 bps ISDN modem
10 menit
1,54 Mbps koneksi T1
52 detik
4 Mbps cable modem
20 detik
10 Mbps cable modem
8 detik
Catatan: M = mega, bps = bit per second, 1 byte = 8 bit
Kecepatan transfer data banyak dipengaruhi oleh:
·         Kecepatan komputer anda
·         Perangkat keras dan lunak yang mengatur alur data antara jaringan dan internet
·         Kepadatan lalu-lintas internet yang melalui backbone internet dari penyedia jasa internet
·         Kemampuan dan kecepatan dari server di mana anda meminta/mengkases data
·         Jumlah pengguna yang mengakses suatu server pada saat yang bersamaan
Pada umumnya kabel modem tidak membutuhkan software khusus dari sisi pelanggan. Selama Operating System yang digunakan bisa mengenali dan menggunakan Network Interface Card seperti layaknya jaringan lokal, maka seharusnya tidak ada masalah.
Sampai saat ini, belum ada standar internasional untuk cable modem. Di US digunakan standar MCNS, sedangkan di Eropa digunakan standar DVB/DAVIC, dan ada lagi IEEE 802.14 yang masih gagal pada ronde pertama untuk membuat standar, tapi sedang berusaha membuat standar untuk sistem cable modem generasi ketiga.

6.       Jenis-Jenis Modem
1)      Berdasarkan Pemasangannya modem dibagi menjadi 2 bagian yaitu:
a.        Modem internal
Modem Internal adalah modem yang terpasang langsung di dalam CPU. Secara fisik modem internal berupa sebuah card yang tertancap pada salah satu slot ekspansi pada mainboard, biasanya pada slot ISA atau PCI. Penggunaan modem jenis ini memiliki beberapa keuntungan, antara lain adalah lebih hemat tempat dan dari segi harga lebih ekonomis dibandingkan dengan modem eksternal. Karena telah terpasang di dalam CPU, maka modem jenis ini tidak membutuhkan adaptor seperti halnya modem eksternal sehingga sistem terkesan lebih ringkas tanpa ada banyak kabel berseliweran yang bisa memberi kesan kurang rapi.
Namun demikian, modem internal memiliki kelemahan berupa tidak adanya indikator sebagaimana yang bisa ditemui pada modem eksternal. Akibatnya agak sulit untuk memantau status modem (walaupun bisa dilakukan lewat software). Selain itu, modem internal tidak menggunakan sumber tegangan sendiri hingga harus dicatu dari power supply pada CPU. Panas dari komponen-komponen dalam rangkaian modem internal juga akan menambah suhu dalam kotak CPU.
Kelebihannya :
Ø  Lebih hemat tempat.
Ø  Dari segi harga lebih ekonomis.
Ø  Tidak membutuhkan adaptor, karena telah terpasang di dalam CPU.
Ø  Sistem terkesan lebih ringkas tanpa ada banyak kabel berseliweran yang bisa memberi kesan kurang rapi.
Kekurangannya :
ü  Tidak adanya indikator sebagaimana yang bisa ditemui pada modem eksternal. Akibatnya agak sulit untuk memantau status modem (walaupun bisa dilakukan lewat software).
ü  Tidak menggunakan sumber tegangan sendiri hingga harus dicatu dari power supply pada CPU.
ü  Dapat menambah suhu dalam kotak CPU. Karena adanya pengaruh Panas dari komponen - komponen dalam rangkaian modem internal.
b.      Modem eksternal
Modem Eksternal adalah modem yang terpasang di luar CPU. Modem eksternal dihubungkan ke CPU melalui port COM atau USB. Modem jenis ini biasanya menggunakan sumber tegangan terpisah berupa adaptor. Keuntungan penggunaan modem jenis ini adalah portabilitasnya yang cukup baik sehingga gampang dipindah-pindah untuk digunakan di komputer lain.
 Disamping itu dengan menggunakan modem eksternal, tidak perlu ada slot ekspansi yang dikorbankan sehingga bisa dipakai untuk keperluan lain, terutama apabila mainboard yang digunakan hanya menyediakan sedikit slot ekspansi. Modem eksternal juga dilengkapi dengan lampu indikator yang memudahkan kita untuk memonitor status modem. Kerugiannya, harganya lebih mahal dibandingkan dengan modem internal. Modem eksternal juga membutuhkan tempat tersendiri untuk menaruhnya meskipun kecil.
Kelebihannya :
Ø  Portabilitasnya yang cukup baik sehingga gampang dipindah-pindah untuk digunakan di komputer lain.
Ø  Tidak perlu ada slot ekspansi yang dikorbankan sehingga bisa dipakai untuk keperluan lain, terutama apabila mainboard yang digunakan hanya menyediakan sedikit slot ekspansi.
Ø  Modem eksternal dilengkapi dengan lampu indikator yang memudahkan kita untuk memonitor status modem.
Kekurangannya :
ü  Harganya lebih mahal dibandingkan dengan modem internal.
ü  Membutuhkan tempat tersendiri untuk menaruhnya meskipun kecil.

2)      Berdasarkan Jaringan atau Media Modem dibagi menjadi 2 yaitu:
a.       Modem kabel
Merupakan modem untuk aksesnya menggunakan jaringan kabel, misalnya seperti jaringan kabel telepon. Modem kabel yang pada awalnya hanya ada yang eksternal (dihubungkan ke PC via kabel serial melalui port COMx yang menggunakan kabel DB-9 atau DB-25), beberapa tahun kemudian setelah modem menjadi kebutuhan pokok, mucullah modem internal (yang tertanam langsung di motherboard).
Pada periode 1990-an ditawarkan juga koneksi kabel digital dari sentral telepon ke rumah pelanggan menggunakn fiber-optik yang merupakan realisasi dari jaringan telepon ISDN (leased-line dengan kecepatan 144 kbps).
Kemudian setelah tahun 2000, muncul teknologi baru pengganti fiber-optik yang dikenal dengan nama modem ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line: kabel pelanggan digital asimetrik). Koneksinya menggunakan modem digital di dua sisi yaitu sisi pelanggan dan sisi sentral telepon.
Selain menggunakan jaringan telepon, modem kabel juga bisa menggunakan jaringan TV kabel.
b.      Modem Wireless
Teknologi wireless untuk akses data merupakan bagian dari jaringan komputer yang biasanya tidak disebut modem, tetapi menggunakan istilah lain yang telah disepakati, seperti modem GSM, modem CDMA, modem HSDPA, dan modem HSUPA. Kelebihannya adalah mudah dibawa dan mudah dipindahkan sesuai keinginan. Kekurangan dari modem jenis ini adalah kecepatan dapat melemah jika cuaca disekitarnya tidak mendukung.

3)      Berdasarkan teknologi atau jenis koneksi
a.      Modem Analog
            Yaitu modem yang dapat menerima data dalam bentuk sinyal analog melalui suatu jaringan transmisi data dan mengubahnya menjadi data digital untuk dikirimkan ke komputer, atau sebaliknya. Modem ini digunakan untuk koneksi dial up lewat jaringan telepon, sehingga juga disebut modem dial up. Modem analog tersedia dalam berbagai kecepatan, misalnya 14,4 kbps, 28,8 kbps, dan 56 kbps dengan berbagai merek.
b.      Modem dial up
Biasanya digunakan oleh PC (Personal Computer) yang lansung dihubungkan
melaui saluran telepon. Modem ini pada umumnya digunakan oleh pengguna yang menginginkan akses internet dari rumah
Kelebihannya :
Ø  Bisa mengatur kapan kita ingin connect atau tidak.
Ø  Praktis dan simple
Kekurangannya :
ü  Kecepatan terbatas (56 Kbps)
ü  Sering terputus
ü  Harus ada sambungan telepon, contohnya : TelkomNet Instan
c.       Modem ADSL/Dsl
Modem ADSL adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan ke saluran telepon, untuk menggunakan layanan ADSL. Modem ADSL merupakan transceiver. Disebut juga dengan DSL Transceiver atau ATU-R. Singkata NTBBA (Network Termination Broad Band Adapter, Network Termination Broad Band Acces).
Modem DSL (Digital Subscriber Line), yaitu modem untuk menerima dan mengirimkan data dengan teknologi DSL melalui suatu jaringan terdedikasi (dedicated line - jaringan khusus yang terus-menerus tersedia untuk keperluan internet, yang secara fisik dapat menggunakan kabel telepon). Dalam teknologi ini data yang diterima/dikirim modem DSL berupa data digital, sehingga akses internet lebih cepat dibandingkan dengan modem analog. Ada dua jenis DSL, yaitu ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line, kecepatan unduh atau downstream lebih cepat daripada unggah atau upstream) dan SSL (Symmetric Digital Subscriber Line, kecepatan downstream sama dengan kecepatan upstream).
      Modem ADSL atau modem DSL adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan komputer atau router ke saluran telepon, untuk menggunakan layanan ADSL. Seperti jenis modem lainnya, modem ADSL merupakan transceiver. Disebut juga dengan DSL Transceiver atau ATU-R. Singkata NTBBA (Network Termination Broad Band Adapter, Network Termination Broad Band Acces) juga sering ditemui di beberapa negara.
Kelebihannya:
Ø  Adanya pembagian frekuensi tinggi dan rendah yang difungikan secara proposional.
Ø  Pembagian frekuensi menjadi dua, yaitu frekuensi tinggi untuk menghantarkan data, sementara frekuensi rendah untuk menghantarkan suara dan fax.
Ø  Bagi pengguna di Indonesia yang memakai program Speedy, penggunaan ADSL membuat kegiatan Internet menjadi jauh lebih murah. Sehingga kita dapat berInternet tanpa khawatir dengan tagihan yang membengkak.
Kekurangan :
ü  Seperti sangat berpengaruhnya jarak pada kecepatan pengiriman data. Semakin jauh jarak antara modem dengan PC, atau saluran telepon kita dengan gardu telepon, maka semakin lambat pula kecepatan mengakses Internetnya.
ü  Tidak semua software dapat menggunakan modem ADSL.
ü  Kecepatan koneksi modem ADSL masih tergantung dengan jarak tiang Telkom atau DSLAM terdekat, artinya jika jarak modem ADSL dengan DSLAM jauh maka kecepatan koneksi akan menurun karena banyaknya hambatan medium yang dilaluinya dan sebaliknya jika jaraknya dekat, koneksinya akan mencapai kecepatan yang diharapkan. Contohnya :Telkom Speedy
d.      Modem kabel 
Modem Kabel (bahasa Inggris: cable modem), adalah perangkat keras yang menyambungkan PC dengan sambungan TV kabel. Jaringan TV kabel ini dapat dipakai untuk koneksi ke internet dengan kecepatan maksimum 27 Mbps downstream (kecepatan unduh ke pengguna) dan 2,5Mbps upstream (kecepatan unggah dari pengguna). Agar dapat menggunakan modem kabel, komputer harus dilengkapi dengan kartu internet.
Kelebihannya :
Ø  Layanan internet dapat dilakukan tanpa batas atau unlimited.
Ø  Tidak memerlukan tambahan biaya karena dengan menggunakan modem kabel pembayaran internet dapat dilakuan setiap bulan.
Ø  Kecepatan aksesnya tidak dipengaruhi oleh jam-jam sibuk.
Ø  Seperti halnya koneksi DSL, bersifat ”selalu on”. Akan tetapi, berbeda dari DSL, anda tidak perlu tinggal di dekat sentral switching telepon.
Ø  Tidak membutuhkan sarana telepon sehingga tidak menggangu lalu lintas komunikasi suara lewat telepon
Ø  Kecepatan akses waktu yang tinggi
Ø  Tidak dibatasi waktu koneksi
Ø  Bisa dipakai secara bersama-sama oleh beberapa komponen sekaligus.
Kekurangan :
ü  Jaringan masih bersifat terbatas.
ü  Untuk jaminan layanan ISP tertentu diharuskan berlangganan TV Kabel.
ü  Modem kabel harganya termasuk mahal.
ü  Kecepatan transfer data tidak simetris
ü  Upstream (data keluar) jauh lebih kecil daripada kecepatan downstream (data masuk), hal ini membuat kabel modem kurang sesuai jika dijadikan pilihan utama untuk membuka server, misalnya web atau FTP Server.
e.       Modem CDMA
adalah modem nirkabel yang bekerja pada jaringan CDMA.  modem  CDMA nirkabel berperilaku seperti  Hayes compatible dial-up modem.  Perbedaan utama antara modem Hayes standar dan modem CDMA adalah bahwa modem hayes mengirim dan menerima data melalui saluran telepon tetap sementara modem  CDMA mengirim dan menerima data melalui gelombang radio.
CDMA singkatan dari -Division Multiple Access, a digital , sebuah teknologi selular digital yang menggunakan teknik spread-spectrum. CDMA  mengacu pada salah satu dari beberapa protokol yang digunakan pada komunikasi nirkabel disebt generasi kedua (2G) dan generasi ketiga (3G). dari istilahnya menyiratkan, CDMA merupakan bentuk multiplexing, yang memungkinkan banyak sinyal menempati saluran transmisi tunggal, dan mengoptimalkan penggunaan bandwidth yang tersedia. Teknologi yang digunakan adalah ultra-tinggi-frekuensi (UHF) sistem telepon seluler di 800-MHz dan 1,9 GHz.
Beda halnya dengan  GSM , yang menggunakan TDMA, CDMA tidak menetapkan frekuensi tertentu untuk tiap user. Melainkan, setiap saluran menggunakan spektrum penuh yang tersedia. Percakapan individu dikodekan dengan urutan pseudo-acak digital. CDMA secara konsistenmenyediakan kapasitas lebih baik untuk komunikasi suara dan data daripada teknologi mobile komersial lainnya,  memungkinkan pelanggan lebih banyak untuk menghubungkan setiap saat, dan itu adalah platform umum di mana teknologi 3G  dibangun. Modem  CDMA  bisa saja berbentuk unit eksternal  seperti PCMCIA card (disebut juga PC Card).  Modem  CDMA eksternal terhubung ke PC melalui kabel serial, kabel USB, Bluetooth atau Inframerah.
Kelebihannya:
Ø  Jalur komunikasi Data dan Cellular terpisah, sehingga konektivitas stabil
Ø  Harga langganan perbulan termurah.
Kekurangannya:
ü  Harga modem masih mahal, di atas 700ribu yang sudah mendukung Evdo Rev.A (3.1 mbps)
ü  Jaringan CDMA masih belum luas khususnya EVDO (Evalution Data Optimized).
Koneksi modem CDMA sekarang ini telah mencapai 230Kbps untuk koneksi dan kecepatan download 15KB/s (153Kbps). Sebagaiperbandingan, kecepatan modem CDMA telah mencapai 3X sistem koneksi dial-up dan sudah separuh dari sistem koneksi cable modem. Memang belum bisa menyaingi kecepatan GSM, tetapi cukup bagi daerah yang tidak  terjangkau dengan modem GSM atau ADSL modem. Solusi ini setidaknya dapat menyajikan sebuah koneksi internet dimana saja dan kapan saja yang cukup mengunakan handphone untuk dijadikan sebuah modem CDMA.
f.       Modem GSM
Dapat menjadi perangkat modem eksternal, seperti Modem Wavecom FASTRACK. Masukkan kartu SIM GSM dalam modem ini, dan menghubungkan modem ke port serial yang tersedia pada komputer Anda. Modem GSM bisa menjadi PC Card dipasang di komputer notebook, seperti Kartu Telepon Nokia.
Modem GSM juga bisa menjadi telepon GSM standar ponsel dengan kabel yang sesuai dan driver perangkat lunak untuk menghubungkan ke port serial pada komputer Anda. Ponsel seperti Nokia 7110 dengan kabel DLR-3, atau berbagai Ericsson, sering digunakan untuk tujuan ini.
Modem GSM khusus (eksternal atau PC Card) biasanya lebih baik untuk telepon selular GSM. Hal ini karena beberapa masalah kompatibilitas yang dapat eksis dengan ponsel. Sebagai contoh, jika Anda ingin dapat menerima pesan masuk MMS dengan gateway Anda, dan Anda menggunakan ponsel sebagai modem, Anda harus menggunakan ponsel yang tidak mendukung WAP push atau MMS. Ini dimungkinkan karena telepon mobile secara otomatis proses pesan-pesan, tanpa forwarding mereka melalui antarmuka modem. Demikian pula beberapa ponsel tidak akan memungkinkan Anda untuk benar menerima pesan teks SMS lebih dari 160 byte (dikenal sebagai "SMS" atau "SMS"). Hal ini karena pesan yang panjang sebenarnya dikirim sebagai pesan SMS yang terpisah, dan telepon upaya untuk memasang kembali sebelum meneruskan pesan melalui antarmuka modem. (Kami telah mengamati masalah ini yang terakhir memanfaatkan Ericsson R380, sementara itu tidak muncul untuk menjadi masalah dengan banyak model Ericsson lainnya.)
Ketika Anda menginstal modem GSM Anda, atau menghubungkan ponsel GSM Anda ke komputer, pastikan untuk menginstal driver Windows modem yang sesuai dari produsen perangkat. Untuk menyederhanakan konfigurasi, Sekarang SMS / MMS Gateway akan berkomunikasi dengan perangkat melalui driver ini. Sebuah keuntungan tambahan dari menggunakan driver ini adalah bahwa Anda dapat menggunakan diagnostik Windows untuk memastikan bahwa modem sudah berkomunikasi dengan baik dengan komputer.
Modem GSM, yaitu modem wireless mobile yang bekerja pada jalur komunikasi telepon genggam GSM. Modem ini mendukung layanan GPRS/EDGE atau layanan 3G. Contohnya berupa modem GSM USB atau dapat menggunakan telepon genggam GSM yang mendukung teknologi GPRS/EDGE atau 3G. 
Kelebihannya:
Ø  Modem GSM memiliki Jangkauan jaringan yang sangat luas
Ø  Hampir semua tempat di DKI sudah mendapatkan jaringan 3G atau HSDPA atau HSUPA
Ø  Harga modem GSM yang sudah 3G harganya relatif murah, sekitar 300ribuan.


Kekurangannya:
ü  Karena jalur akses data dan cellular tidak terpisah maka konektivitas kurang stabil
ü  Harga langganan perbulan masih mahal. rata-rata di atas 100ribu.


















BAB III
KESIMPULAN

1. Modem adalah singkatan dari Modulator-Demodulator. Modulate adalah proses penerjemahan data dari digital ke analog sehingga bisa ditransmisikan. Demodulate adalah sebaliknya, proses menerjemahkan dari analog ke digital.
2. Cara kerja modem yang digunakan di PC atau laptop dewasa ini adalah dengan menggunakan teknik asynchronous. Modem ini juga bisa menggunakan parity sebagai error detection.
3.  Fungsi modem yaitu untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal suara dan juga sebaliknya. Dewasa ini modem telah berkembang dengan berbagai fasilitas yang cukup bermanfaat, misalnya voice modem, sehingga modem dapat menjadi saluran radio, audio, percakapan telepon sampai streaming video dan memiliki kemampuan menjadi fax modem.
4.  Kabel modem berisi tuner, demodulator, burst modulator, MAC, dan interface
5.  Kecepatan data downstream (yang masuk) rata-rata berkisar antara 4-56 Megabit per detik. Sedangkan kecepatan upstream (yang keluar) berkisar antara 256 Kilobit hingga 3 Megabit per detik.
6. Terdapat dua jenis modem secara fisiknya, yaitu modem eksternal dan modem internal.




































DAFTAR PUSTAKA

INTERNET

2.      http://wss-id.org/blogs/asri_mayangsari_sby/default.aspx
3.      http://id.wikipedia.org/wiki/Modem
4.      Lubis, Muhammad Safri. 2004. Medan. dalam Surat Kabar Harian Analisa edisi 25 September dalam
5.      http://safri- lubis.info/file/index.php?option=com_content&task=view&id=24&Itemid=56
6.      www.linmodems.org dalam http://dhani.singcat.com/IT/hardware.php?page=modem
7.      file://localhost/C:/Documents%20and%20Settings/DELL/My%20Documents/TIK/%20makalah%20modem.html
8.      file://localhost/C:/Documents%20and%20Settings/DELL/My%20Documents/TIK/Contoh%20Makalah%20TIK.html








Berkomentarlah yang baik ! Anda sopan, Kami segan. Salam Rajeb Group.
EmoticonEmoticon