Monday, February 26, 2018

Laporan Percobaan Kimia Antara Asam Cuka (CH3COOH) dengan Baking Soda (NaHCO3)

TUGAS

LAPORAN PERCOBAAN

ANTARA ASAM CUKA (CH3COOH) DENGAN BAKING SODA (NaHCO3)



JURUSAN TEKNIK MESIN
FAKULTAS TEKNIK
JURUSAN TEKNIK MESIN

OLEH :
Hizar Alhifari Ramadhan (17050524021)
Firman Hidayat (17050524026)
Deo Farma Alhadi (17050524028)

1. Tujuan

Dapat mengetahui hasil reaksi yang terjadi antara Asam Cuka (CH3COOH) dengan Baking Soda (NaHCO3)


2. Dasar Teori

Asam cuka atau asam asetat adalah senyawa kimia organik. Asam cuka memiliki rumus kimia CH3COOH, asam cuka memiliki konstanta di elektrik yang sedang yaitu 6,2 sehingga ia dapat melarutkan senyawa polar seperti garam anorgaik dan gula maupun senyawa non polar. Larutan asam asetat dalam air merupakan asam lemah. Asam asetat merupakan pereaksi kimia dan bahan baku industri yang penting. Dalam industri makanan, asam asetat digunakan sebagai pengatur keasaman.


Baking soda atau natrium bikarbonat adalah senyawa yang kelarutanya dalam air bersifat basa lemah. Baking soda biasanya di gunakan tidak hanya sebagai bahan untuk memasak,tetapi juga untuk pengobatan. Natrium bikarbonat adalah senyawa kimia dengan rumus NaHCO3. Senyawa ini disebut juga baking soda (soda kue), Sodium bikarbonat, dan lain-lain. Senyawa ini berbentuk kristal yang dalam bentuk serbuk. Natrium bikarbonat dapat larut dalam air. Senyawa ini digunakan untuk roti atau kue karena bereaksi dengan bahan lain membentuk gas karbon dioksida, yang menyebabkan roti mengembang.


Senyawa yang bersifat asam yang dicampurkan dengan senyawa bersifat basa akan menghasilkan senyawa yang bersifat netral. Dalam percobaan, senyawa asam lemah dicampurkan pada larutan asam cuka (CH3COOH) dengan senyawa basa kuat pada larutan soda kue (NaHCO3) . Pada reaksi kimia satu zat atau lebih dapat di ubah menjadi zat baru,sesuai dengan percobaan asam cuka (CH3COOH) direaksikan dengan baking soda (NaHCO3) menghasilkan gas CO2. Berarti telah terjadi reaksi kimia karena menghasilkan zat jenis baru. Hal ini dibuktkan melalui percobaan ketika di campurkanya asam cuka dan baking soda terjadi gelembung,sehingga balon yang tadinya kecil menjadi besar,karena disebabkan gas CO2 dari hasil reaksi tesebut.

Campuran soda kue dengan cuka menghasilkan gelembung-gelembung gas. Gelembung-gelembung gas tersebut adalah gas karbondioksida. Campuran cuka dengan soda kue dapat dirumuskan sebagai berikut :

NaHCO3(s) + CH3COOH(aq) → CH3COONa(aq) + CO2(g) + H2O(l).


Cuka merupakan asam sedangkan soda kue merupakan basa. Setelah kedua larutan ini di campur, pH nya menjadi netral.


Hasil dari reaksi cuka dengan soda kue menghasilkan gas karbondioksida yang dapat mengisi ruang balon sehingga lama kelamaan balon yang tadinya kecil akan berubah menjadi lebih besar. Reaksi yang terjadi antara cuka dengan soda kue ini merupakan reaksi endoterm, karena setelah cuka dan soda kue dicampurkan ke dalam botol, permukaan botol terasa dingin. Ini karena terjadi perpindahan panas atau kalor dari lingkungan ke sistem sehingga suhu lingkungan berkurang dan menyebabkan suhu pada permukaan botol terasa dingin.


3. Alat dan Bahan

Alat : Bahan :

-Botol -Asam Cuka (CH3COOH)

-Balon -Baking Soda (NaHCO3)


4. Cara Kerja

1. Isi botol mineral dengan air cuka 1 botol.

2. Masukan baking soda secukupnya ke dalam balon

3. Pasang balon ke lubang botol

4. Balik balon sehingga baking soda jatuh kedalam asam cuka, gas akan muncul dari larutan dan membuat     balon mengembang tanpa harus di tiup.



5. Kesimpulan

Dari praktikum yang telah kami lakukan kita menjadi mengerti apa yang terjadi jika asam cuka (CH3COOH) dan baking soda (NaHCO3) direaksikan maka akan menghasilkan gelembung yang menyebabkan terbentuknya gas karbon dioksida (CO2). Gas inilah yang antinya akan meyebabkan balon akan mengembang tanpa di tiup. Dalam reaksi tersebut juga kita dapat mengetahui bahwa reaksi yang terjadi adalah reaksi Endoterm


6. Lampiran Gambar


This Is The Newest Post

5 comments

Anonymous delete 9/09/2018

Terima kasih kak sekarang tugas saya bisa selesai tepat waktu

Makasih..selain balon, bisa juga dengan putih telur..

Anonymous delete 8/08/2023

makasih kak

Berkomentarlah yang baik ! Anda sopan, Kami segan. Salam Rajeb Group.
EmoticonEmoticon