Saturday, January 28, 2017

Karya Tulis Ilmiah Daur Ulang Botol Bekas Menjadi Hiasan Lampu

KARYA TULIS ILMIAH
Pemanfaatan Ulang Botol Bekas Le Mineral dan Cheers Sebagai Hiasan Lampu dan Tempat Pensil



Disusun oleh:
1. Dwi Nofitasari (07)
2. Fatimah (12)
3. Kholifatus Sa’diyah (15)
4. Yuliana (33)
Kelas XI-IPA 1
SMAN KESAMBEN
TAHUN AJARAN 2015/2016
DAFTAR ISI
Daftar Isi............................................................................................................................2
Kata pengantar...................................................................................................................3
BAB I
Pendahuluan.......................................................................................................................4
1.1 Latar Belakang...............................................................................................4
1.2 Rumusan Masalah..........................................................................................4
1.3 Tujuan Penelitian...........................................................................................5
1.4 Batasan Masalah............................................................................................5
1.5 Manfaat..........................................................................................................5
1.6 Teknik Pengumpulan.....................................................................................5
BAB II
Pembahasan.......................................................................................................................6
BAB III
Kesimpulan........................................................................................................................9
Saran..................................................................................................................................9
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah berkenan memberi petunjuk dan kesabaran kepada kami sehingga tugas kami yang berupa Karya Tulis Ilmiah yang berjudul "Pemanfaatan Ulang Botol Bekas Le Mineral dan Cheers Sebagai Hiasan Lampu dan Tempat Pensil" ini dapat diselesaikan dengan baik. Karya Tulis Ilmiah ini disusun dan dibuat berdasarkan materi-materi yang ada yang bertujuan agar dapat menambah pengetahuan dan wawasan siswa dalam pemanfaatan juga dapat memahami pentingnya untuk menjaga lingkungan sekitar. Mudah-mudahan dengan mempelajari Karya Tulis Ilmiah ini, para siswa akan mampu menciptakan ide, kreatif serta inovatif untuk diterapkan dalam lingkungan.
Kami menyadari bahwa dalam pembuatan Karya Tulis Ilmiah ini masih ada kekurangan sehingga kami berharap saran dan kritik dari pembaca sekalian agar kami dapat meningkatkan dan memperbaiki penyajian Karya Tulis Ilmiah ini yang lebih baik dari sebelumnya. Akhir kata penulis ucapkan terima kasih.
Jombang, 13 Januari 2016
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Penggunaan botol plastik tidak pernah terlepas dari masyarakat umum dan tidak terbatas dimanapun, sebab banyak masyarakat yang lebih suka mengosumsi air kemasan dalam botol dari pada meminum air masakan sendiri yang dikarnakan kepraktisannya menyebabkan banyaknya sampah botol plastik. Botol plastik menjadi satu dari sekian masalah tentang sampah.
Banyak orang yang beranggapan bahwa botol plastik bekas hanya sebagai sampah yang tidak ada nilai gunanya sehingga dibuang begitu saja. Sekarang banyak orang yang berlomba-lomba untuk menciptakan suatu inovasi untuk memanfaatkan benda tersebut agar dapat menjadi terobosan untuk mengurangi masalah sampah menjadi barang yang memiliki nilai guna dan ekonomis atau nilai jual.
Salah satu cara alternative untuk mengurangi sampah maka tercetuslah gagasan untuk membuat suatu karya seni dari botol plastik bekas Le Mineral dan Cheers yang akan dapat dimanfaatkan serta memiliki nilai jual.
Atas dasar pemikiran di atas, kami selaku peneliti terinspirasi mengadakan eksperimen lebih lanjut yang berjudul “Pemanfaatan Botol Plastik Le Mineral dan Cheers sebagai Hiasan Lampu dan Tempat Pensil”. Eksperimen ini dapat digunakan untuk meminimalisasi jumlah sampah di lingkungan dan mengasah kreativitas dalam membuat kerajinan dari botol plastik Le Mineral dan Cheers serta membuka lapangan pekerjaan yang baru bagi pengangguran.
1.2 Rumusan Masalah
1.Mengapa dalam membuat hiasan lampu tersebut menggunakan botol dari produk Le mineral dan Cheers ?
2.Bagaimanakah cara pembuatan botol plastik bekas Le Mineral dan Cheers menjadi hiasan lampu?
3.Berapa lamakah ketahanan produk tersebut?
4.Mengapa hiasan lampu dari Le mineral lebih baik dari pada produk dari Cheers ?
1.3 Tujuan Penelitian
1.Untuk menjabarkan bahan-bahan yang digunakan sebagai hiasan lampu
2.Untuk mengetahui cara pembuatan hiasan lampu dari botol plastik Le Mineral dan Cheers.
3.Untuk mengajak berkreasi dengan botol plastik Le Mineral dan Cheers.
4.Mengetahui manfaat hiasan lampu yang dibuat dari botol Le Mineral dan Cheers
5.Untuk membandingkan botol plastik bekas Le Mineral dengan botol plastik dari produk Cheers.
1.4 Batasan Masalah
Dalam eksperimen kali ini, pembuatan hiasan lampu dari botol plastik bekas Le Mineral lebih baik daripada botol plastik dari produk Cheers.
1.5 Manfaat
Dengan adanya eksperimen dalam karya tulis ini, manfaat yang diperoleh bagi:
a.Pengeksperimen
1. Dapat menambah pengetahuan
2. Dapat mempraktikkan pengetahuan yang di peroleh
b. Masyarakat
1. Untuk memanfaatkan sampah anorganik seperti botol plastik Le Mineral dan botol plastik Cheers sebagai benda berguna
2. sebagai barang yang bernilai jual
1.6 Teknik pengumpulan data:
1.Dengan eksperimen
2.Study pustaka
Bab II
Pembahasan
Sampah memang sampai sekarang belum teratasi secara baik masih banyak sampah-sampah yang berserakan dimana saja, tidak di kota, di desa, di kampung, di masyarakat, di pasar, di sekolahan, dimana saja pasti ada sampah. Dengan meningkatnya dampak buruk sampah yang dirasakan oleh masyarakat ini menunjukkan bahwa hilangnya kesadaran manusia terhadap pentingnya kesehatan lingkungan dan juga kebersihan lingkungan, serta kurangnya rasa cinta terhadap lingkungan. Sehingga hal ini menyebabkan semakin membuat bumi yang kita pijak ini menjadi tidak layak di huni. Padahal kalo kita bisa memanfaatkanya sampah ini dapat dimanfaatkan sebagai barang yang berguna dan mempunyai nilai jual yang cukup tinggi.
Banyak barang bekas atau sampah yang sebenarnya masih bisa digunakan kembali jika kita bisa memanfaatkannya sebaik mungkin, contohnya botol plastik bekas dari produk Le Mineral dan Cheers, yang jika dibiarkan akan mengotori lingkungan apalagi jika botol plastik bekas itu sudah ditimbun dalam tanah, hal ini akan mengakibatkan tercemarnya keadaan dalam tanah karena bahannya yang sulit untuk terurai, ini akan berakibat fatal karena bisa mengakibatkan lingkungan jadi tercemar, tidak hanya lingkungan tanah pun dapat tercemar, dan menumpuknya botol plastik bekas dapat menyumbat jalannya air yang akan mengakibatkan banjir.
Botol plastik bekas Le Mineral dan Cheers ini dapat dijadikan sebuah kerajinan yang memiliki nilai estetika dan bernilai jual. Adapun alasan mengapa dalam pembuatan Karya Tulis Ilmiah kami ini mengambil bahan uji coba dari botol bekas Le Mineral dan Cheers ini dikarenakan banyaknya sampah dari dua produk tersebut yang menumpuk dan tidak dimanfaatkan, oleh karena itu kami mencoba untuk membuat Karya Tulis Ilmiah dari kedua produk tersebut.
Dari karya tulis ilmiah kami yang berjudul “Pemanfaatan Ulang Botol Plastik Le Mineral dan Cheers sebagai Hiasan Lampu dan Tempat Pensil”.di harapkan membantu pemerintah untuk mengajak masyarakat agar lebih cinta dan peduli pada lingkungannya. Dan agar sampah-sampah tidak dibuang percuma tanpa mengetahui sebenarnya sampah tersebut bisa menjadi lahan besar untuk menambah atau menghasilkan pendapatan tambahan.
Berikut cara membuat kerajinan yang terbuat dari botol bekas Le Mineral :
Ø Bagian bawah
1. Menyiapkan alat dan bahan seperti :
- Botol bekas Le Mineral
- Gunting
- Cutter
- Stapler
- Cat besi
- Kuas
2. Menggunting bagian bawah botol plastik Le Mineral
3. Kemudian mengecat bagian bawah botol plastik tersebut, lalu menjemurnya supaya kering.
4. Setelah kering, lalu rangkai satu persatu bagian bawah botol tersebut dengan stapler sampai bisa membentuk seperti bola. Kerajinan telah siap.
Ø Bagian tutup botol
1. Menyiapkan alat dan bahan
- Tutup botol bekas Le Mineral
- Tali Plastik
- Tutup kaleng rokok
- Paku
- Lilin
- Kain
- Korek api
2. Memanaskan paku diatas api dari lilin.
3. Melubangi tutup botol dengan paku panas tersebut.
4. Menyatukan tutup botol satu dengan yang lain menggunakan tali plastik sehingga membentuk lingkaran.
5. Menyatukan tutup botol yang berbentuk lingkaran tersebut dengan tutup kaleng. Tempat pensil telah siap.
Berikut cara membuat kerajinan yang terbuat dari botol bekas Cheers :
Ø Bagian bawah
1. Menyiapkan alat dan bahan seperti :
- Botol bekas Cheers
- Gunting
- Cutter
- Stapler
- Cat besi
- Kuas
2. Menggunting bagian bawah botol plastik Cheers.
3. Kemudian mengecat bagian bawah botol plastik tersebut, lalu menjemurnya supaya kering.
4. Setelah kering, lalu rangkai satu persatu bagian bawah botol tersebut dengan stapler sampai bisa membentuk seperti bola. Kerajinan telah siap.
Ø Bagian tutup botol
1. Menyiapkan alat dan bahan
- Tutup botol bekas Le Mineral
- Tali Plastik
- Tutup kaleng rokok
- Paku
- Lilin
- Kain
- Korek api
2. Memanaskan paku diatas api dari lilin.
3. Melubangi tutup botol dengan paku panas tersebut.
4. Menyatukan tutup botol satu dengan yang lain menggunakan tali plastik sehingga membentuk lingkaran.
5. Menyatukan tutup botol yang berbentuk lingkaran tersebut dengan tutup kaleng. Tempat pensil telah siap.
Dari kedua produk yang kita buat kita dapat membandingkan hasil kerajinannya. Kerajinan dari botol bekas Le Mineral ini Nampak lebih indah dengan bentuk bawah botol yang mempunyai bentuk menyerupai bintang dan warna tutup botol yang menarik sedangkan pada botol Cheers ini agak kurang tepat karena bagian bawah botolnya tidak berbentuk seperti yang ada pada Le Mineral, pada bagian bawah botol Cheers ini cenderung tidak berbentuk atau datar dan juga pada tutup botolnya berwarna hijau yang apabila dipandang terlihat mencolok. Kerajinan dari kedua produk ini dapat bertahan dalam waktu yang cukup lama apabila kita dapat merawatnya dengan baik dan benar.
Bab III
Penutup
Kesimpulan
1. Sampah yang berupa botol plastik dapat dimanfaatkan untuk membuat kerajinan yang berguna dan bernilai jual.
2. Sampah botol plastik ini dapat digunakan untuk hiasan lampu pada bagian bawah botolnya dan digunakan untuk tempat pensil dibagian tutupnya.
3. Pemanfaatan ini dapat mengurangi tingkat penumpukan botol plastik bekas di lingkungan.
Saran
1. Kita harus mempunyai kesadaran diri terhadap kebersihan lingkungan.
2. Dalam menjaga kebersihan haruslah dimulai dari diri kita sendiri.
3. Jangan pernah beranggapan bahwa botol plastik merupakan sampah yang tidak berguna dan tidak dapat dimanfaatkan.

Berkomentarlah yang baik ! Anda sopan, Kami segan. Salam Rajeb Group.
EmoticonEmoticon