Monday, July 24, 2017

Arti Bulan Bahasa dan Sastra

Arti Bulan Bahasa dan Sastra


Halo sahabat RG,
Kali ini Rajeb Groups akan bagikan sebuah informasi yang sangat penting menurut saya Hehehe.
Kalian tahu tidak apa Arti Bulan Bahasa dan Sastra ? Mungkin yang terbesit di pikiran anda adalah bulan berbahasa dan lomba tentang bahasa. Memang hal itu benar namun kurang LENGKAP, mau tahu kelengkapannya. Nih saya beri tahu (Bukan TAHU yang makanan itu loh ya) tapi informasinya.
Berikut saya kutip dari beberapa sumber.

Bantu Share ya Agar semua mengerti apa itu Bulan Bahasa dan Sastra

Pertama, menurut KBBI , KamusBesar dan Wiktionary.

Bulan Bahasa dan Satra adalah Kegiatan kebahasaan dan kesastraan Indonesia yang secara rutin dilaksanakan setiap bulan Oktober sebagai bulan lahirnya Sumpah Pemuda oleh Pusat Bahasa dan lembaga pendidikan yang memiliki jurusan bahasa Indonesia serta instansi yang relevan dengan pembinaan dan pengembangan bahasa.

Dari 3 sumber di atas Bulan Bahasa dan Satra memiliki arti yang sama, sebab dua sumber lainnya mengutip dari KBBI juga.


Kedua, menurut Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Negara Kesatuan Republik Indonesia memiliki keragaman etnik dan budaya. Salah satu di antaranya adalah keragaman bahasa dan sastra. Keragaman bahasa dan sastra di Indonesia menjadi kekayaan yang tidak ternilai harganya. Peta Bahasa Negara Kesatuan Republik Indonesia (2008) telah mengidentifikasi 442 bahasa daerah di Indonesia. Bertolak dari keragaman itu, bangsa Indonesia menjadi lebih paham akan arti persatuan. Meskipun beragam latar bahasanya, bangsa Indonesia terhubung melalui bahasa persatuan, yaitu bahasa Indonesia. Meskipun penggunaan bahasa Indonesia cenderung tergusur oleh pemakaian bahasa asing, bahasa Indonesia masih tetap memegang fungsinya sebagai sarana komunikasi yang menyatukan bangsa Indonesia. Oleh karena itu, pengutamaan bahasa Indonesia sebagai identitas nasional bukan hanya tugas Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (BPPB), melainkan  juga tugas seluruh rakyat Indonesia. Kegiatan Bulan Bahasa dan Sastra yang diselenggarakan setiap tahun adalah upaya BPPB untuk membina dan mengembangkan bahasa dan sastra Indonesia, serta bertekad memelihara semangat dan meningkatkan peran serta masyarakat luas dalam menangani masalah bahasa dan sastra itu.
Kegiatan yang dilaksanakan dalam acara Bulan Bahasa dan Sastra terdiri dari beberapa kegiatan. Ada kegiatan yang diadakan sebagai ajang berkarya atau berekspresi, ada kegiatan yang diadakan sebagai ajang peningkatan kualitas berbahasa Indonesia, dan ada kegiatan yang diadakan sebagai ajang perlombaan.
Bulan Bahasa dan Sastra melibatkan masyarakat luas, tidak hanya siswa, mahasiswa, guru, dan dosen, tetapi juga orang asing yang berada di luar negeri (lomba keterampilan berbahasa Indonesia bagi peserta BIPA).
Nah kalau yang di atas ini dikutip dari website Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.


Mungkin cukup itu saja ya postingan tentang Arti Bulan Bahasa dan Sastra. Nantikan postingan selanjutnya dengan salah satu judulnya Arti Bulan Bahasa dan Sastra Menurut Tokoh Besar Indonesia. Sekian, semoga bermanfaat buat sobat semua. Salam

Berkomentarlah yang baik ! Anda sopan, Kami segan. Salam Rajeb Group.
EmoticonEmoticon